Status : Swasta
II.Alamat Sekolah : Jl. KH. Abdul Mannan KM. 02 Sumberberas Muncar Banyuwangi
Propinsi : Jawa Timur
Kabupaten/Kota : Banyuwangi
Kecamatan : Muncar
Desa : Sumberberas
Jalan : KH. Abdul Mannan
Kode Pos : 68472
Telpon/Fax : 0333 592845 / 0333 592845
E-mail/Website : smaalhikmahmuncar@gmail.com
http://www.smaalhikmah.sch.id
III. Informasi Lain
- Status Terakreditasi “ A “ ( Amat Baik )
- Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN)
- Kualifikasi Tenaga Pengajar Lulusan S 1, S 2 dan S 3
- Membuka Program Khusus, dalam program ini siswa di asramakan di Pesantren Minhajut Thullab, dengan diberi materi pelajaran Diniyah secara intensif, serta intensifikasi pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
- Suasana lingkungan belajar yang asri, nyaman, kondusif serta berada dalam lingkungan pesantren Minhajut Thullab
- Memberikan Bea Siswa bagi siswa yang berprestasi
- Membebaskan SPP bagi keluarga miskin atau tidak mampu.
A. VISI
- Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman dan Bertaqwa, Berprestasi Berdaya saing, Mandiri dan Berwawasan GlobalB. MISIUntuk mencapai VISI tersebut, SMA Al Hikmah Muncar mengembangkan misi sebagai berikut:1. Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.2. Menanamkan kedisiplinan pada semua aspek kepada seluruh warga sekolah3. Menumbuhkembangkan semangat untuk selalu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik,4. Menumbuhkan semangat inovasi yang dapat menunjang pengembangan profesionalisme5. Memberdayakan seluruh komponen sekolah dan mengoptimalkan sumber daya sekolah dalam mengembangkan potensi dan minat peserta didik secara optimal.C. TUJUAN SMA AL HIKMAH MUNCARTujuan UmumMeningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Tujuan Khusus1) Mewujudkan mutu lulusan· Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.· Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.· Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret2) Merumuskan struktur kurikulumMenyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.3) Penyelenggaraan Pelayanan BelajarTerselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran dengan indikator· Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.· Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan· Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)· Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.· Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.· Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.· Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.· Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.· Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.· Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.4) Penilaian
Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku induk siswa, dan (g) raport.