RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH (RKJM)-PERIODE 2019-2023 | |||||||
Nama Sekolah | : SMA AL HIKMAH MUNCAR | ||||||
Alamat | :Jl. KH. Abdul Mannan Km02 Sumberberas Muncar Banyuwagi | ||||||
Kota | :Banyuwangi | ||||||
Provinsi | : Jawa Timur | ||||||
No.
|
KOMPONEN
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
| Tahun | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||||
(1) | (2) | (3) | (4) | 2012 | 2013 | 2014 | 2015 |
1.
|
Standar Isi
| Workshop Analisis Lampiran SI | Analisis Lampiran SI | √ | √ | √ | √ |
Pengembangan KTSP , Dokumen I | √ | √ | √ | √ | |||
Workshop Pemetaan SK-KD | Analisis Lampiran SK-KD | √ | √ | √ | √ | ||
Workshop Pengembangan Silabus | Pengembangan Silabus | √ | √ | √ | √ | ||
Penugasan Revisi Silabus | Revisi Silabus | √ | √ | √ | √ | ||
Tersusunnya Dokumen II KTSP berdasar hasil Analisis Konteks | Pengembangan KTSP , Dokumen II | √ | √ | √ | √ | ||
Tersusunnya Silabus Pendikar untuk semua mapel yang didahului dengan mapping kurikulum | Apresiasi Pengembangan KTSP , Dokumen II : Silabus untuk Mata Pelajaran yang memuat Adaptasi dan Adopsi dari negara Maju , SNMPTN, Olimpiade yang bermuatan pendikar | √ | √ | √ | √ | ||
Tersusunnya silabus ISMUBA Pendikar | Apresiasi Pengembangan KTSP Dokumen II Mapel : ISMUBA yang bermuatan pendikar | √ | √ | √ | √ | ||
Tersusunnya silabus Muatan lokal Tartil Pendikar | Apresiasi Pengembangan KTSP Dokumen II : Silabus Muatan Lokal Tartil yang bermuatan pendikar | √ | √ | √ | √ | ||
Tersusunnya Program Pengembangan Diri sebagai bagian Stuktur Kurikulum | Apresiasi Penyusunan program pengembangan diri: Bimbingan Konseling | √ | √ | √ | √ | ||
Peningkatan pemahaman tentang SKS, PKG dan PE | In House training SKS, PKG, pembelajaran efektif | √ | √ | √ | √ | ||
2
|
Standar Proses
| terbentuknya 3 kelompok siswa untuk memudahkan pembelajaran Tartil | Menyelenggarakan Matrikulasi Tartil | √ | √ | √ | √ |
mapping penguasaan dasar matematika | Menyelenggarakan Matrikulasi Matematika | √ | √ | √ | √ | ||
penguasaan dasar matematika sebagai dasar ilmu yang lain | Pendampingan siswa hasil matrikulasi (3 kali) | √ | √ | √ | √ | ||
tersusunnya RPE, KKM, Prota, Promes, RPP | Apresiasi Penyusunan Perangkat Mengajar seluruh Mapel dan Muatan Lokal serta Rencana Layanan BK | √ | √ | √ | √ | ||
tersusunnya media pembelajaran yang Inovatif | Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif | √ | √ | √ | √ | ||
terintegrasinya beberapa mapel dalam PLK | Menyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Luar Kelas untuk kelas X ,XI dan XII | √ | √ | √ | √ | ||
laporan tentang terlaksananya kegiatan | Pendamping Pembelajaran di luar kelas untuk mapel KeNuan | √ | √ | √ | √ | ||
Magang di DUDI | Aplikasi Pembelajaran Mapel Ekonomi kelas XI | √ | √ | √ | √ | ||
informasi hasil class visit dalam pertemuan guru sebagai pendongkrak kualitas KBM | Apresiasi visitor dalam Class Visit | √ | √ | √ | √ | ||
0% kelas tanpa kegiatan | Pengefektifan Guru Piket sebagai pengawasan dalam proses pembelajaran | √ | √ | √ | √ | ||
3
| Standar Pengelolaan | ||||||
RTM | Visi, Misi, dan Tujuan | √ | √ | √ | √ | ||
Pelatihan/Workshop | RKJM/RKT& RKAS | √ | √ | √ | √ | ||
Raker | PKK (Peraturan Kepegawaian & Keuangan) | √ | |||||
Rapat, Sosialisasi dan Implementasi
| Struktur Organisasi Sekolah | √ | |||||
Kegiatan Bidang Kesiswaan | √ | √ | √ | √ | |||
Kegiatan Bid. Kurikulum & Pembelajaran | √ | √ | √ | √ | |||
Keg. Bid. Pendidik & Tenaga Kependidikan | √ | √ | √ | √ | |||
Keg. Bid. Keuangan & Pembiayaan | √ | √ | √ | √ | |||
Keg. Bid. Ismuba | √ | √ | √ | √ | |||
Keg. Bid. Humas | √ | √ | √ | √ | |||
Pengemb. Budaya & Lingk. Sekolah | √ | √ | √ | √ | |||
Kegiatan sistem penjaminan mutu | √ | √ | √ | √ | |||
Sosialisasi & Implementasi | Peran sera Masyarakat | √ | √ | √ | √ | ||
Sosialisasi & Implementasi | Kemitraan | √ | √ | √ | √ | ||
Sosialisasi & Implementasi | Evaluasi Diri Sekolah (EDS) | √ | √ | √ | √ | ||
Pelatihan/Workshop | Evaluasi dan Pengembangan KTSP | √ | √ | √ | √ | ||
Pelatihan/Workshop | Evaluasi pendayagunaan Pendidik dan Tendik | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat | Akreditasi Sekolah | √ | |||||
RTM | Audit Internal & Eksternal | √ | √ | √ | √ | ||
Sosialisasi & Implementasi | Program SIAP Online (Sistem Informasi Aplikasi) sekolah sebagai pelayanan administrasi sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
4
|
Standar Penilaian (SP)
| Pengadaan Data base Penilaian | Terlaksananya sistem penilaian yang efektif | √ | √ | √ | √ |
Ulangan Harian | Instrumen UH semua guru | √ | √ | √ | √ | ||
Ulangan Tengah Semester (Ganjil dan Genap) | Penentuan KKM | √ | √ | √ | √ | ||
Ulangan Akhir Semester Ganjil dan UKK | kisi-kisi , naskah soal | √ | √ | √ | √ | ||
Ujian Nasional dan Ujian Sekolah | validator | √ | √ | √ | √ | ||
Kepengawasan | √ | √ | √ | √ | |||
Laporan Hasil Belajar Siswa | Terlaksannya laporan hasil belajar 2 kali (sisipan dan akhir semester) kepada wali murid/orang rua siswa. | √ | √ | √ | √ | ||
5
|
Standar Sarana dan Prasarana
| Laboratorium Biologi | |||||
Green House | Tersedianya sarana untuk mengenalkan tumbuhan, pemeliharaannya, & proses tumbuh kembangnya | √ | |||||
Exhoust Fan | Terpasangnya Exhoust Fan di ruang lab.Biologi | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Kimia | |||||||
Exhoust Fan | Terpasangnya Exhoust Fan di ruang lab.Biologi | √ | |||||
Ruang Persiapan/Gudang | Terbangunnya Ruang Persiapan/Gudang untuk persiapan praktikum sekaligus meletakkan peralatan lab.Kimia | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Fisika | |||||||
Almari Persipan Alat Praktikum | Tersedianya Almari Persipan Alat Praktikum untukmempermudah laboran dalam menyiapkan kegiatan praktikum | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Bahasa | |||||||
Karpet | Terpasangnya karpet baru di lab.Bahasa menggantikan karpet lama yg sudah bau | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Komputer | |||||||
Akses Point | Tersedianya Akses Point untuk menambah kemudahan akses internet di lingkungan sekolah | √ | |||||
Instalasi Jaringan 5 roll | Tersedianya Kabel Jaringan 5 roll untuk akses internet via kabel di setiap ruang kelas & non-kelas di lingkungan sekolah | √ | √ | ||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium ISMUBA | |||||||
Pigora/Banner Doa & Kata Mutiara | Tersedianya pigora/banner yang berisikan doa2 & kata2 mutiara islam dilingkungan sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Almari Sarung dan Mukena | Tersedianya penyimpanan sarung dan mukena | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium IPS | |||||||
Rak /Almari Terbuka | Tersedianya rak utk tempat meletakkan peraga Sejarah, Geografi, PKn, dan Ekonomi | √ | |||||
Meja + Kursi Belajar (Group) | Tersedianya meja+kursi siswa utk belajar/praktek kelompok di laboratorium | √ | |||||
Peta Dunia & Indonesia | Tersedianya Peta Dunia & Indonesia untuk media belajar Geografi, Sejarah, dan PKn | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung praktikum lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan untuk praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Perpustakaan | |||||||
Kursi Baca Tempel | Tersedianya kursi yg layak utk para siswa yang baca buku di perpustakaan | √ | |||||
Rak Majalah, Koran, Pustaka, dll | Tersedianya rak utk tempat meletakkan Majalah, Koran, Pustaka, dll. | √ | |||||
Meja Panjang Komputer | Tersedianya meja komputer utk para siswa yang akses e-library utk penguatan Pusat Sumber Belajar | √ | |||||
Pembelian alat & pendukung Perpustakaan lainnya | Tersedianya peralatan & sarana pendukung yang dibutuhkan | √ | √ | √ | √ | ||
BK | |||||||
Tape Rekam | Tersedianya Tape Rekam utk dokumentasi konseling siswa & ortu | √ | |||||
Ruang Kelas | |||||||
Pimpinan | |||||||
Almari Dokumen Kurikulum | Tersedianya Almari untuk penyimpanan dokumen kurikulum. | √ | |||||
TU | |||||||
Renovasi Almari Dokumen | Renovasi Almari Dokumen untuk penyimpanan arsip sekolah. | √ | |||||
Umum | |||||||
Peralatan Olahraga | Tersedianya Bola Volly, Basket, Futsal, Stick dan Glove Softball, dll | √ | √ | √ | √ | ||
Peralatan UKS | Tersedianya Tensi Manual Portable, Tabung Oksigen Cadangan, Seragam Pinjaman, dan peralatan lain yang memadai untuk pelayanan kesehatan siswa dan pegawai | √ | √ | √ | √ | ||
Peremajaan Wall Climbing | Tersedianya Wall Climbing untuk fasilitas kegiatan ekstra PAPER | √ | √ | ||||
Kursi Selasar | Tersedianya kursi panjang utk tempat duduk siswa di depan ruang-ruang kelas | √ | |||||
Kursi Ruang Rapat Lt.4 | Kursi Ruang Rapat Lt.4 yang menampung 100 orang | √ | |||||
Panel Listrik Ruang Beban Tinggi | Tersedianya Panel Listrik R.Perpustakaan, R.Wakasek, R.Rapat lt.4, R.TU dan R.Presenter | √ | √ | ||||
Tiang Backdrop Uk. 5 x 3 m2 (Dekat Pintu Masuk) | Tersedianya Tiang Banner Uk. 5 x 3 m2 (Dekat Pintu Masuk) utk kegiatan promosi | √ | |||||
Labeling Ruang-ruang Kelas & Penunjuk Lokasi | Tersedianya lebel ruang-ruang kelas & penunjuk lokasi di tiap lantai | √ | √ | √ | √ | ||
Tandon Baru m3 | Terpenuhinya cadangan air utk kegiatan sholat Dhuhur, Ashar dan PBM | √ | |||||
Blueprint Instalasi Listrik | Tercetaknya Blueprint Instalasi Listrik | √ | |||||
Capacitor Bank | Terpasangnya Capacitor Bank untuk mengurangi/mengefisienkan beban listrik | √ | |||||
Kerindangan Sekolah | Bertambah Rindangnya Sekolah Kita | √ | |||||
1. Cadangan angsuran Bunga Bank anggaran 2012-2013 pinjaman Bank untuk pembebasan Practica (periode Sept. 2012 s/d Juni 2013 | Tersedianya lahan untuk lapangan OR, dan Parkir | √ | |||||
Laboratorium Biologi | |||||||
Service Alat | Terpeliharanya peralatan lab.Biologi sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Cuci Jas Lab. Biologi | Terawatnya jas praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Kimia | |||||||
Service Alat | Terpeliaharanya peralatan lab.Kimia sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Cuci Jas Lab. Kimia | Terawatnya jas praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboatorium Fisika | |||||||
Service Alat | Terpeliaharanya peralatan lab.Fisika sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Cuci Jas Lab.Fisika | Terawatnya jas praktikum | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Bahasa | |||||||
Service Alat | Terpeliaharanya peralatan lab.Bahasa sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium Komputer | |||||||
Service Alat | Terpeliaharanya peralatan lab.Komputer sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Laboratorium ISMUBA | |||||||
Service Alat/peralatan | Terpeliaharanya peralatan lab.Ismuba sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
Pemasangan speaker di hall | Terpasangnya speaker di hall | √ | |||||
Laboratorium IPS | |||||||
Service Alat | Terpeliaharanya peralatan lab.IPS sehingga fungsional | √ | √ | √ | √ | ||
AC Berkala | |||||||
OutSourching AC | Terpeliharanya AC ruang kantor dan kelas | √ | √ | √ | √ | ||
Penggantian Freon ke Hidrokarbon | Tergantinya freon AC dengan hidrokarbon utk penghematan listrik | √ | √ | √ | √ | ||
LCD Projector Berkala | |||||||
Service Over Houl LCD Projector | Terpeliharanya LCD Projector ruang kantor dan kelas | √ | √ | √ | √ | ||
Lampu | Terpelihara & terbelinya lampu yg putus | √ | √ | √ | √ | ||
Kabel VGA | Terpelihara & terbelinya Kabel VGA yg putus | √ | √ | √ | √ | ||
VGA Spliter | Terpelihara & terbelinya VGA Spliter yg rusak | √ | √ | √ | √ | ||
Kebersihan Berkala | |||||||
OutSourching KM | Terpeliharanya kebersihanKM sekolah. | √ | √ | √ | √ | ||
Pembelian Cairan Pembersih Lantai | Tersedianya cairan pembersih utk membersihkan ruang-ruang & lingk.sekolah (lt.1 s/d 6) | √ | √ | √ | √ | ||
Pembelian Peralatan Kebersihan | Tersedianya peralatan kebersihan utk membersihkan ruang-ruang & lingk.sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Pembelian Pengharum Ruang | Harum ruang KS, Wakasek, BP, R.Guru & R.Rapat | √ | √ | √ | √ | ||
Pemeliharaan tandon | Pemeliharaan Tandon Untuk kebersihan Air | √ | √ | √ | √ | ||
Komputer & Printer Sekolah | |||||||
Repair Komputer Sekolah | Komputer berfungsi baik utk mendukung kerja guru | √ | √ | √ | √ | ||
Repair Printer Sekolah | Printer berfungsi baik utk mendukung kerja guru | √ | √ | √ | √ | ||
Pengadaan Rishograph dan Fotocopy Sekolah | Berfungsinya Rishograph dan Fotocopy Sekolah dengan baik | √ | |||||
Kendaraan Sekolah | Berfungsinya kendaraan sekolah dengan baik | √ | √ | √ | √ | ||
Perpanjangan Sewa Tanah | Biaya Sewa Tanah (surat hijau) | √ | √ | √ | √ | ||
Renovasi Ruang TU | Penataan Ruang TU | √ | |||||
Pajak Kendaraan | Pajak dan Asuransi Kendaraan | √ | √ | √ | √ | ||
Mebelair Sekolah | |||||||
Repair Daun Pintu, Jendela Alumunium | Daun pintu, Jendela, dan Kunci tetap berfungsi baik | √ | √ | √ | √ | ||
Repair Meja+Kursi | Meja & kursi untuk siswa, guru & karyawan tetap berfungsi baik | √ | √ | √ | √ | ||
Repair Almari | Almari kel;as & kantor tetap berfungsi baik | √ | √ | √ | √ | ||
Repair Meja Komputer | Berfungsinya meja komputer utk mendukung pembelajaran komputer, dan kerja guru-karyawan | √ | √ | √ | √ | ||
Penerangan Ruang Berkala | |||||||
Renovasi Kabel Putus, Jaringan Konslet, Skakel & Terminal Rusak, MCB, dll | Jaringan listrik berfungsi baik di R.Kelas, R.Rapat, R. ISMUBA, di lantai 2, 3, 4 & 4 | √ | √ | √ | √ | ||
Lampu | Penerangan memadai utk rung kelas & ruang tamu, ruang rapat, lorong-lorong tiap lantai dan Musholla | √ | √ | √ | √ | ||
Kran Air | Terpasangnya kran di kamar mandi, westafel & Musholla sehingga berfungsi baik | √ | √ | √ | √ | ||
Pengisian Tabung PMK | Terisinya powder utk mengganti powder yg kadaluarsa | √ | √ | √ | √ | ||
Loundry Kelambu Ruang Kelas & Ruang lainnya | Terpeliharanya kelambu yang terpasang | √ | √ | √ | √ | ||
Sedot WC Kamar Mandi | Habisnya tinja yang ada di toilet WC | √ | √ | √ | √ | ||
Lantai | |||||||
Lantai Keramik Ruang yg pecah | Terpeliharanya lantai ruang & kebersihannya | √ | √ | √ | √ | ||
Lantai Keramik Tangga yg pecah | Terpeliharanya lantai tangga & kebersihannya | √ | √ | √ | √ | ||
Lantai Keramik Selasar yg pecah | Terpeliharanya lantai tangga & kebersihannya | √ | √ | √ | √ | ||
Plafon, Talang, Genting, Pipa Air, Tandon & Pompa Air | Terpeliharanya plafon, talang, genting, pipa air & tandon dari kebocoran | √ | √ | √ | √ | ||
Pagar Tralis | Terpasangnya batang besi yg lepas atau hilang pada pagar tralis agar lingk.sekolah aman | √ | √ | ||||
Penghijauan taman | Halaman & gedung dalam sekolah terpelihara baik sehingga tetap hijau, sejuk, bersih dan sehat | √ | √ | √ | √ | ||
Pengecetan Gedung | |||||||
Dinding Dalam Ruang Kelas | Terwujudnya ruang-ruang kelas yang bersih, dan indah (borongan@200 m2) | √ | √ | √ | √ | ||
Dinding Ruang Selain Kelas | Kebersihan & keindahan dinding ruang selain kelas (borongan@200m2) | √ | √ | √ | √ | ||
Dinding Pagar | Terwujudnya dinding pagar halaman yang indah & bersih | √ | √ | ||||
Peralatan Pendukung | Tersedianya peralatan pengecetan ruang | √ | √ | √ | √ | ||
Dinding Luar Gedung | Penggantian Cat warna orange ganti warna brown | √ | |||||
6
|
Standar Pendidik dan Kependidikan
| ||||||
Kepala Sekolah | Tercapainya Tes TOEFL menjadi 600 | √ | √ | ||||
Sekolah perlu mempertahankan jumlah guru yang sudah memenuhi kriteria yang ada | Tersedianya jumlah guru sesuai dengan bidang studi | √ | |||||
Sekolah memberikan motivasi dan kesempatan kepada guru yang belum memenuhi kualifikasi setara S1. | Terlaksananya guru memenuhi kualifikasi setara S1 | √ | √ | ||||
Sekolah memberikan motivasi dan kesempatan kepada guru yang belum S2. | Terlaksananya guru S2 | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah memberikan motivasi kepada Guru yang belum sertifikasi selalu mencari informasi www.sergur.diknas | Terlaksananya guru sertifikasi | √ | √ | √ | |||
Tenaga tata usaha yang belum maksimal perlu diberi motivasi | Pelatihan/Workshop Administrasi ketatausahaan | √ | √ | √ | √ | ||
Kepala sekolah membuat SK kepala Lab. Fisika, Kimia dan IPS | Terlaksananya tenaga kepala Lab. | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah memberikan motivasi kepada pustakawan dapat meningaktkan pelayanan perpustakan kepada warga sekolah | Tercapainya mutu pelayanan yang baik. | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah perlu penambahan tenaga laboran,dapat terpenuhi kebutuhan yang masing kurang. | Terlaksananya tenaga laboran kimia,fisika, bahasa, kompueter dan IPS | √ | |||||
Sekolah memberikan motivasi kepada tenaga dokter dan perawat dapat meningaktkan pelayanan mutu kepada warga sekolah | Terlaksananya pelayanan prima kepada warga sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Wakasek sarana dan Koord. Personalia perlu adanya pembinaan dan motivasi kepada tenaga kebersihan dapat meningkatkan kinerjanya. | Tercapainya disiplin dan kinerja yang lebih baik . | √ | √ | √ | √ | ||
Koord. Personalia perlu adanya pembinaan dan motivasi kepada tenaga satpam dapat meningkatkan kinerjanya. | Tercapainya disiplin dan kinerja yang lebih baik . | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah memberikan motivasi kepada tenaga driver untuk meningkatkan kinerjanya | Terlaksananya pelayanan prima kepada warga sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Ka. Lab. Kom mengajukan sekolah penambahan tenaga teknisi komputer (freelance) dapat memenuhi kebutuhan tersebut. | Terlaksananya tenaga teknsi komputer (freelance) | √ | |||||
Wakasek sarana mengajukan ke sekolah penambahan tenaga maintenance | Terlaksananya merekrut tenaga maintenance | √ | |||||
Wakasek sarana mengajukan ke sekolah penambahan tenaga khusus taman | Terlaksananya merekrut tenaga kusus taman | √ | |||||
Sekolah menyelenggarakan pelatihan atau mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan e-learning | Pelatihan/Workshop e-learing media pembelajaran | √ | √ | √ | √ | ||
Kurikulum mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan penyusunan media pembelajaran yang relevan | Tercapainya penyusunan media pembelajaran | √ | √ | √ | √ | ||
Kurikulum menbuat SOP penilaian dan evaluasi pembelajaran dapat terukur dengan baik | Terlaksananya pelatihan SOP penilaian dan evaluasi pembelajaran | √ | |||||
Sekolah mengirimkan guru untuk mengikuti seminar/pelatihan/lembaga kursus Bahasa Inggris | Terlaksananya pelatihan bahasa inggris | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah mengirimkan guru untuk mengikuti seminar/pelatihan penelitian pendidikan | Terlaksananya pelatihan penelitian pendidikan | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah mengirimkan karyawan untuk mengikuti pelatihan/lembaga kursus komputer dapat menambah skill komputer. | Terlaksananya pelatihan/lembaga kursus komputer bagi karaywan | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah mengirimkan karaywan untuk mengikuti seminar/pelatihan/lembaga kursus Bahasa Inggris | Terlaksananya pelatihan bahasa inggris | √ | √ | √ | √ | ||
Sekolah mengirimkan karyawan untuk mengikuti pelatihan/seminar menambah skill sesuai dengan bidangnya. | Pelatihan/seminar tentang manajemen untuk meningkatkan skill karyawan | √ | √ | √ | √ | ||
7
|
Standar Kelulusan
| Rata2 pencapaian NUN program IPA ; | |||||
Menaikkan Rata2 pencapaian KKM semua mapel 7,50 (7,8-8.00) | Pelatihan/Workshop peningkatkan kompetensi pedagogik (pembelajaran) | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan Rata2 pencapaian NUN program IPA ; | Mendatangkan guru tamu dalam program intensif kelas XII (9 mapel) | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Bahasa Indonesia sebesar : 0,6(dari 7,4 menjadi 7,8) | Pelatihan/wokhsop peningkatkan kompetensi pedagogik (pembelajaran) 3 guru Bahasa Indonesia dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Bahasa Inggris sebesar : 0,6 (dari 8,2 menjadi 8,8) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Bahasa Inggris dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Matematika sebesar : 0,6 (dari 7,9 menjadi 8,5) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Matematika dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Fisika sebesar : 0,4 (dari 7,9 menjadi 8,3) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Fisika dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Kimia sebesar : 0,3 (dari8,5menjadi 8,8) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Kimia dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Biologi sebesar : 0,4 (dari8,3 menjadi 8,7) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Biologi dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Rata2 pencapaian NUN program IPS ; | |||||||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Bahasa Indonesia sebesar : 0,6(dari 7,1 menjadi 7,7) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Bahasa Indonesia dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Bahasa Inggris sebesar : 0,5 (dari 7,8 menjadi 8,3) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Bahasa Inggris dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Matematika sebesar : 0,5 (dari 8,0 menjadi 8,5) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Matematika dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Ekonomi sebesar : 0,3 (dari 7,3 menjadi 7,7) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Ekonomi dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Geografi sebesar : 0,7 (dari6,8 menjadi 7,5) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Geografi dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata nilai UN mapel Sosiologi sebesar :0,4(dari 7,6 menjadi8,0) | Meningkatkan kompetensipedagogik (pembelajaran) 3 guru Sosiologi dalam strategi pembelajaran Pakem /CTL | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata memperoleh juara ke-1,2 dan 3 Matematika/ IPA/ IPS/Bahasa/TIK : 0 (dari 0 menjadi 1) | Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi/Lembaga Lain untuk pembinaan peserta didik yang mengikuti Olympeade/OSN. | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata memperoleh Penghargaan Matematika/ IPA/ IPS/TIK/Bahasa: 0 (dari 0 menjadi 4) | Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi/Lembaga Lain untuk pembinaan peserta didik yang mengikuti Olympeade/OSN. | √ | √ | √ | √ | ||
Memperoleh juara ke-1, 2 dan 3 Matematika/ IPA/ IPS/TIK/Bahasa: 0 (dari 0 menjadi 1) |
Tim Prospek membuat jadwal kegiatan pembinaan siswa
| √ | √ | √ | √ | ||
Memperoleh juara 1, 2 dan 3 tk. Matematika/ IPA/ IPS/Bahasa/TIK (dari 1 menjadi 2) | √ | √ | √ | √ | |||
Memperoleh juara 1, 2 dan 3 tk. Matematika/ IPA/ IPS/Bahasa/TIK : 51 (dari 10 menjadi 61) | √ | √ | √ | √ | |||
Memperoleh juara 1, 2 dan 3 Matematika/ IPA/ IPS/Bahasa/TIK: 52 (dari 8 menjadi 60) | √ | √ | √ | √ | |||
Mempertahankan Jumlah kelulusan tetap : 100% | Program SMAMDA sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan | √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata siswa yang diterima PTN :10% ( dari 70% menjadi 80% |
Program Intensif Persiapan Ujian Nasional dan SNMPTN
| √ | √ | √ | √ | ||
Menaikkan rata-rata siswa yang diterima Kedinasan :1,7 ( dari 2,3% menjadi 4 %) | √ | √ | √ | √ | |||
Menaikkan rata-rata siswa yang diterima PTS :21,7% ( dari 14 % menjadi 25,7 %) | √ | √ | √ | √ | |||
Menaikkan rata-rata siswa yang diterima Luar Negeri :2 ( dari 2 % menjadi 2 %) | √ | √ | √ | √ | |||
8
|
Standar Pembiayaan
| ||||||
Diskusi Tim | Terlaksananya pedoman keuangan dan cara membuat laporan secara berkala | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat Tim pembuatan RAPBS | Sekolah memiliki RKAS/RAPBS menjadi APBS sebagai pedoman dalam pembiayaan kegiatan sekolah masih belum maksimal | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat dan diskusi | Sekolah mempunyai sumber (SPP, DKS, DP, INFAQ, FASILITAS, BLOCKGRANT, DAFTAR ULANG, KOMITE), | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat | Bendahara (Tim keuangan) tiap akhir bulan membuat laporan kepada kepala sekolah dan tembusan kepada BPKM,Majlis Dikdasmen Kota Surabaya sebagai bentuk transparan dan akuntabel. | √ | √ | √ | √ | ||
Pelatihan | Sekolah memiliki sistem informasi keuangan (penerimaan keuangan atau pembuatan laporan keuangan secara efisien). | √ | √ | √ | √ | ||
Diskusi Tim | Kepala sekolah memberikan instruksi kepada wakasek dan unit-unit yang melaksanakan kegiatan dalam hal penggunaan dana harus berdasarkan anggaran selalu penghematan. | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat Tim | Sekolah memberikan beasiswa kepada siswa kurang mampu : 5%. Sedangkan putra/i guru dan karywan smamda gratis. | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat Tim | Siswa/i yang berprestasi baik akademik maupun non akademik sekolah memberikan beasiswa SPP Berdasarkan kebijakan sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat Tim | Sekolah memberikan beasiswa kepada guru dan karaywan untuk melanjutkan S1/S2 sesuai dengan kebijakan sekolah (Aturan PKK) sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat Tim | Sekolah memberikan bantuan subsidi silang kepada sekolah Minhajut Thullab/sosial/menyantuni kepada panti asuhan atau masyarakat yang tidak mampu sekolah kebijakan sekolah | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat dan Kontribusi | Sekolah mengalokasikan dana untuk persyarikatan (UIS/UIG/UIK/prosentase ke Cabang,PDM, PWM dan PP) sesuai dengan ketentuan | √ | √ | √ | √ | ||
Disahkan dan dikirim laporan keuangan | Bendahara (Tim keuangan) tiap akhir bulan membuat laporan keuangan rutin kepada kepala sekolah dan tembusan kepada BPKM,Majlis Dikdasmen Kota Surabaya sebagai bentuk transparan dan akuntabel | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat dan pemeriksaan keuangan dan kegiatan program | Setiap triwulan, bulan dan akhir tahun, BPKM,Majlis Dikdasmen Kota Surabaya, Dikdasmen PWM Jatim dan Diknas selalu rutin monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan sekolah baik keuangan maupun kegiatan program kerja, yang berdasarkan APBS yang berlaku. | √ | √ | √ | √ | ||
Rapat pelaksanaan AMI (Audit Mutu Internal) | Keuangan sekolah di audit setiap tahun oleh BPKPM, Majelis Dikdasmen PDM Surabaya dan Dikdasmen PWM Jatim | √ | √ | √ | √ | ||
9
|
Standar Ke-Islaman dan KeNUan
| Sekolah memiliki kalimat-kalimat pesan moral yang terpasang di sekolah | √ | √ | √ | √ | |
Sekolah memiliki Janji Pelajar SMA AL HIKMAH MUNCAR yang terpasang di sekolah | √ | √ | √ | √ | |||
Pelaksanaan mengadakan Pelatihan pengkaderan di sekolah (Baitul Arqom, Darul Arqom) | Sekolah menyelenggarakan pelatihan atau pengkaderan yang diikuti siswa/i SMAMDA | √ | √ | √ | √ | ||
Pelaksanaan mengadakan Pelatihan pengkaderan di sekolah (Baitul Arqom, Darul Arqom) | Sekolah membuat buku panduan tuntunan shalat maupun panduan pengkaderan, kegiatan bakti sosial serta qiyamul ramadhan | √ | √ | √ | √ | ||
Wali kelas mengadakan pengajian kelas sesuai dengan kelas X,XI dan XII dan pengajian guru dan karyawan | Ismuba kerjasama dengan Wali kelas mengadakan pengajian kelas sesuai dengan kelas masing-masing | √ | √ | √ | √ | ||
Pelaksanaan shalat berjamaah, kultum, khotib, pembinaan siswa berhalangan | Sekolah mengadakan shalat jum'at berjamaah di sekolah yang diikuti seluruh warga sekolah, pembinaan siswi berhalangan perlu ditingkatkan, peringatan PHBI perlu ditingkatkan serta silaturrahim guru,karyawan dan siswa/i perlu dioptimalisasikan. | √ | √ | √ | √ |