BAB I
PENDAHULUAN
II. LATAR BELAKANG
Penyelenggaraan
pendidikan untuk mencapai hasil yang lebih optimal, efektif, efisien dan berhasil,
memerlukan keterkaitan berbagai elemen yang ada.
Implementasi
otonomi terhadap lembaga pendidikan terwujud dalam School Based
Management atau Manajemen Berbasis Sekolah.
Karena Manajemen Berbasis Sekolah ini adalah upaya kemandirian, kreativitas
sekolah dalam peningkatan kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan
akuntabilitas dalam peningkatan mutu melalui kerjasama atau pemberdayaan
pemerintah dan masyarakat, diperlukan pula administrasi pendidikan di bidang
hubungan sekolah dengan masyarakat. Hubungan masyararakat ini dilaksanakan oleh
seorang wakil kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas).
II. FUNGSI DAN TUJUAN HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR
a. Fungsi
Fungsi pokok hubungan sekolah
dengan masyarakat adalah menarik simpati masyarakat umumnya serta publik
khususnya, sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo pada SMA AL HIKMAH
MUNCAR. Hal ini akan membantu sekolah mensukseskan program-programnya. Sehingga
mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fungsi hubungan sekolah
dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut :
1. Mengatur hubungan sekolah
dengan orang tua.
2. Memelihara hubungan baik
dengan komite sekolah.
3. Memelihara dan mengembangkan
hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta dan organisasi
nasional.
4. Memberi pengertian kepada
masyarakat tentang fungsi sekolah melalui bermacam-macam tehnik komunikasi
(majalah, surat kabar dan mendatangkan sumber).
b. Tujuan
Hubungan sekolah dengan masyarakat
dibangun dengan tujuan popularitas SMA AL HIKMAH MUNCAR di mata masyarakat.
Popularitas SMA AL HIKMAH MUNCAR akan tinggi jika mampu menciptakan
program-program sekolah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dan cita-cita
bersama dan dari program tersebut mampu melahirkan sosok–sosok individu yang
mapan secara intelektual dan spiritual. Dengan popularitas ini sekolah eksis
dan semakin maju. Tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat diantaranya sebagai
berikut:
1. Memberi penjelasan tentang
kebijaksanaan penyelenggaraan sekolah situasi dan perkembangannya.
2. Menampung sarana-sarana dan
pendapat-pendapat dari warga sekolah dalam hubungannya dengan pembinaan dan
pengembang sekolah.
3. Dapat memelihara hubungan yang
harmonis dan terciptanya kerja sama antar warga sekolah sendiri.
III. SASARAN
a. Humas SMA AL HIKMAH MUNCAR sebagai penghubung dari pihak sekolah dengan
masyarakat selalu dipelihara dengan baik karena sekolah akan selalu berhubungan
dengan masyarakat, tidak bisa lepas darinya sebagai partner sekolah dalam
mencapai kesuksesan sekolah itu sendiri. Prestise sekolah semakin tinggi di
mata masyarakat jika sekolah mampu melahirkan peserta didik yang cerdas,
berkepribadian dan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam memajukan
masyarakat.
b. Terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat atau pihak-pihak
tertentu di luar organisasi tersebut, agar mendapatkan dukungan terhadap
efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kerja secara sadar dan sukarela.
c. untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat. Dan mengupayakan
terjadinya kerjasama yang baik antar sekolah dengan masyarakat untuk kebaikan
bersama, atau secara khusus bagi sekolah penjalinan hubungan tersebut adalah
untuk mensukseskan program-program di SMA AL HIKMAH MUNCAR.
IV. TUGAS POKOK HUMAS SMA AL
HIKMAH MUNCAR
Wakil Sekolah Bidang Hubungan
Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan
sebagai berikut :
1. Memberikan informasi dan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat
atau pihak-pihak lain yang membutuhkannya.
2. Membantu pemimpin yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung
memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya.
3. Membantu Kepala Sekolah mempersiapkan bahan-bahan tentang permasalahan dan
informasi yang akan disampaikan atau yang menarik perhatian masyarakat pada
saat tertentu.
4. Membantu Kepala Sekolah dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan
yang berhubungan dengan pelaksanaaan kepada masyarakat sebagai akibat dari
komunikasi timbal balik dengan pihak luar, yang ternyata menumbuhkan harapan
untuk penyempurnaaan kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi.
5. Melaporkan tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentang
masalah pendidikan.
6. Membantu kepala sekolah bagaimana usaha untuk memperoleh bantuan dan kerja
sama.
7. Menyusun rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan.
8. Menunjukkan pergantian keadaan melalui pendapat umum.
9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Humas secara berkala.
BAB II
PROGRAM KERJA
WAKASEK HUMAS
SMA AL HIKMAH
MUNCAR
A. Dasar
1. Undang-Undang RI No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.
Undang-Undang RI No. 22 Tahun 1999 Tentang
Otonomi Daerah
4.
Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional Pendidikan
5. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah;
6. Kalender Pendidikan SMA AL
HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2019/2020
7. Surat keputusan Kepala SMA AL
HIKMAH MUNCAR Nomor 800/ /SMA/2015 tentang
pembagian tugas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru bimbingan
konseling, penetapan wakil kepala sekolah, wali kelas, dan guru Pembina Tahun
Pelajaran 2019/2020.
B. JENIS KEGIATAN
a. Kegiatan Eksternal
Kegiatan ini selalu berhubungan atau ditujukan
kepada instansi atasan dan masyarakat di luar sekolah. Ada dua kemungkinan yang
bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
(1) Indirect act adalah
kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara media tertentu
seperti misalnya: Internet/Website Sekolah, penyebaran informasi melalui media
cetak, pameran sekolah dan berusaha independen dalam penerbitan majalah atau
buletin sekolah.
(2) Direct act adalah kegiatan hubungan sekolah
dengan masyarakat melalui tatap muka, misalnya: rapat bersama dengan komitte
sekolah, konsultasi dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dan
sebagainya.
b. Kegiatan Internal
Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam,
sasarannya adalah warga SMA AL HIKMAH MUNCAR yang bersangkutan yaitu para Guru,
Staf Tata Usaha, dan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan
dua kemungkinan yakni:
(1) Indirect act adalah
kegiatan internal melalui penyampaian informasi melalui surat edaran;
penggunaan papan pengumuman di sekolah, penyelenggaraan majalah dinding,
menerbitkan buletin sekolah untuk dibagikan pada warga sekolah, pemasangan
iklan/pemberitahuan khusus melalui media massa, dan kegiatan pentas seni.
(2) Direct act adalah
kegiatan internal yang dapat berupa: rapat dewan guru; upacara sekolah; karyawisata/rekreasi
bersama; dan penjelasan pada berbagai kesempatan.
C. BENTUK OPERASIONAL HUMAS SMA AL
HIKMAH MUNCAR
(1) Di bidang Sarana Akademik
Tinggi rendahnya prestasi lulusan
(kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional,
internasional), jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidiknya, sarana dan
prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan atau Pusat Sumber
Belajar.
(2) Di bidang Sarana Pendidikan
Gedung atau bangunan sekolah
termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan sebagainya beserta perabot
atau mebeuler yang memadai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas
sekolah.
(3) Di bidang Sosial
Partisipasi SMA AL HIKMAH MUNCAR
dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar
nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat
sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota
masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan
masyarakat.
(4) Kegiatan Karya Wisata
Sebagai sarana hubungan sekolah
dengan masyarakat, seperti membawa spanduk serta atribut sekolah sampai keluar
daerah menyebabkan nama SMA AL HIKMAH MUNCAR dapat dikenal lebih luas. Bahkan,
tertib sopan santun para siswanya di perjalanan akan mendapat kesan tersendiri
dari masyarakat yang disinggahi dan dilaluinya.
(5) Kegiatan Olah Raga dan Kesenian
Hubungan sekolah dengan
masyarakat dapat juga melalui kegiatan porseni dan lomba antarsekolah akan
membawa keunggulan sekolah dan membawa nama harum SMA AL HIKMAH MUNCAR.
(6) Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar
sepanjang tidak mengganggu kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian
sebaliknya fasilitas yang ada di masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan
SMA AL HIKMAH MUNCAR.
(7) Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra
kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung dan masih
banyak lagi kegitan operasional hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan
sesuai situasi, kondisi serta kemampuan pihak-pihak terkait.
D. PROGRAM KHUSUS WAKIL KEPALA
SEKOLAH URUSAN HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR
1. Melakukan relasi sosial dengan
komite sekolah dan masyarakat desa diwilayah kecamatan Woja dalam bentuk kerjasama
dua arah berkaitan dengan pendidikan
2. Terjalinnya hubungan baik dengan komite sekolah dan
masyarakat Kecamatan Woja, terutama yang terdapat siswa-siswi SMA AL
HIKMAH MUNCAR
3. Melakukan relasi sosial dengan pemerintah desa sampai kabupaten
dan instansi terkait terutama untuk penggalian dana dan proyek kegiatan sekolah
4. Terjalinnya hubungan baik dengan pemerintah desa Nowa, Baka Jaya,
Matua, Bara, Madaprama Riwo, dan Pemerintah Kecamatan Woja, serta Pemerintah
Kabupaten Dompu.
5. Melakukan relasi sosial dengan pihak sekolah terutama SMP dan MTs
terutama dalam upaya penerimaan siswa baru
6. Terjalinnya hubungan baik dengan SMP, MTs, SMA, MA teruatam di
wilayah kecamatan Woja, dan kabupaten Dompu pada umumnya
7. Melakukan relasi sosial dengan perguruan tinggi negeri dan swasta,
terutama dalam upaya peningkatan jumlah siswa yang lanjut studi.
8. Terjalinnya hubungan baik dengan UNHAS, UNRAM dan perguruan
tinggi Negeri lain yang ada diwilayah NTB
9. Melakukan relasi sosial dengan pihak media massa terutama untuk
membangun citra positif dan pemberian informasi yang aktif dan proporsional
10. Terjalinnya hubungan baik dengan media cetak dan elektronik yang
ada di wilayah Kabupaten Dompu.
11. Melakukan relasi sosial dengan pihak dunia usaha dalam upaya pemasaran
produk lulusan, pemagangan, dan studi siswa sesuai dengan kompetensi yang
dimiliki
12. Terjalinnya hubungan baik dengan industri, toko, dan usaha keluarga
terutama di wilayah Kecamatan Woja untuk bekal pemagangan siswa
13. Melakukan upaya pemasaran produk sekolah dalam bentuk mencarikan
lowongan kerja di berbagai instansi yang sesuai
14. Pemasangan berbagai informasi dan dokumentasi kegiatan sekolah melalui
papan pengumuman, radio, dan website
15. Pertemuan Rutin Keluarga besar SMA AL HIKMAH MUNCAR dalam bentuk
pengajian dan arisan
16. Bekerjasama dengan darmawanita, menjalin hubungan baik dengan guru,
karyawan beserta keluarga dan komite sekolah
17. Bekerja sama dengan OSIS, membuat majalah dinding yang lebih menarik
secara berkala
19. Praktek siswa di masyarakat dalam bentuk majlis ta’lim, TPA/TPQ, Bakti
sosial dan pertandingan olahraga persahabatan
21. Sebagai wahana kerjasama dengan pihak dunia usaha untuk melatih wira
usaha siswa
24. Mengadakan lomba karya tulis ilmiah siswa antarkelas satu kali setahun
25. Mengadakan pemilihan guru teladan versi siswa satu kali setahun
26. Mengadakan pemilihan siswa teladan satu kali setahun
27. Membentuk ikatan alumni (ILUNI) SMA AL HIKMAH MUNCAR
28. Membuat Website Sekolah
E. FAKTOR PENDUKUNG
Kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat di SMA AL
HIKMAH MUNCAR bisa berjalan baik apabila di dukung oleh beberapa faktor yakni:
1. Adanya program dan perencanaan yang sistematis.
2. Tersedia basis dokumentasi yang lengkap.
3. Tersedia tenaga ahli, terampil dan alat sarana serta dana yang memadai.
4. Kondisi organisasi sekolah yang memungkinkan untuk meningkatkan kegiatan
hubungan sekolah dengan masyarakat.
F. SUMBER DANA
1. Dari Dana Rutin Sekolah dan
BOS
BAB III
PENUTUP
Demikian program yang dapat kami
susun dengan segala kemampuan kami yang ada. Jika ada kekurangannya,kami mohon
kritik dan saran agar program untuk tahun yang akan datang dapat lebih baik
lagi.