PROGRAM KERJA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN 11.027-11.028
PANGKALAN
SMA AL HIKMAH MUNCAR
TAHUN
PELAJARAN 2019/2016
GERAKAN PRAMUKA GUDEP 11.027-11.028
PANGKALAN SMA AL HIKMAH MUNCAR
2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan 11.027-11.028
Pangkalan SMA AL HIKMAH MUNCAR pada tahun ajaran 2019/2016.
Program kerja ini
merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Ambalan Gugus Depan 11.027-11.028 Pangkalan SMA AL
HIKMAH MUNCAR menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan Pangkalan
SMA AL HIKMAH MUNCAR.
Diharapkan dengan
selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gugus
Depan 11.027-11.028 Pangkalan SMA AL HIKMAH MUNCAR dapat terarah, terencana dan
berhasil dengan baik sehingga berkontribusi postif bagi peningkatan mutu pendidikan di liungkungan SMA
AL HIKMAH MUNCAR.
Kami menyadari
bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab
itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan
Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan 11.027-11.028 Pangkalan SMA
AL HIKMAH MUNCAR. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
Muncar, , Mei 2019
Team Penyusuan
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………
|
ii
|
||
KATA PENGANTAR …………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR ISI ………………………………………………………………
|
iv
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
…………………………………………..
|
1
|
|
|
A. Latar
Belakang ……………………………………………
|
|
|
|
B. Dasar
Kegiatan ……………………………………………
|
|
|
|
C. Tujuan
……………………………………………………..
|
|
|
|
D. Sasaran
…………………………………………………….
|
|
BAB II
|
|
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA GUGUS DEPAN
11.027-11.028 PANGKALAN SMA AL HIKMAH MUNCAR
A. Visi
Gudep 11.027-11.028
B. Misi
Gudep 11.027-11.028
|
|
BAB II
|
:
|
PROGRAM EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA ……
|
|
|
|
A. Program
Umum…………………………. ………………
|
|
|
|
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik ………….
|
|
|
|
2.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….
|
|
|
|
3.
Bidang Sarana dan Administrasi ………………………
|
|
|
|
4.
Bidang Keuangan ………………………………………
|
|
|
|
B.
Penjabaran Program dalam Semester …………………….
|
|
|
|
C.
Penjabaran Masing-Masing Program ……………………
|
|
|
|
D.
Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gudep 11.027-11.028
|
|
|
|
|
|
BAB III
|
:
|
ORGANISASI DAN
TATA KELOLA
|
|
|
|
A. Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan …………..
|
|
|
|
B. Susunan
Pengurus Dewan Ambalan …………..
|
|
|
|
C. Dewan
Kehormatan Penegak………………………..
|
|
|
|
D. Struktur
Organisasi Gudep ………………….
E.
Pengelompokkan Peserta / Anggota
F.
Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
|
|
|
|
|
|
BAB IV
|
:
|
PENUTUP
…………………………………………………..
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di
sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang
berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan
pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan
bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara,
kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan,
kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan
pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan
tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan,
penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga.
Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan
peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta
didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan
santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan,
bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan
anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan
kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap,
dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan
pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik
sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus
depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin
pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman
langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala
sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut.
Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan
tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi
dasar penyusunan program kerja gugus
depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan
Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi
Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor
57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan
Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian
Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang
dijabarkan dalam program kerja pembina Pramuka
pelajaran 2019/2016
C. Tujuan
Tujuan
yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan
watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada
pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan
dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk
peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran
pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu
gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di
sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru
yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang
merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang
meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal
mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur
lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi
obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, Penegak,
penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
81a Tahun 2013 Tentang
Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan
ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep 11.027-11.028 adalah sebagai berikut:.
A
Visi :
Visi
gugus depan 11.027-11.028 pangkalan SMA
AL HIKMAH MUNCAR adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat , Tehnik Kepramukaan Serta
Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ
B
Misi :
Sedangkan
misi gugus depan 11.027-11.028 pangkalan
SMA AL HIKMAH MUNCAR
1.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan
Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta
keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Program
kerja Ekstrakurikuler Pramuka SMA AL HIKMAH MUNCAR dapat
dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan
program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan.
Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A. Program Umum
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan
Keparamukaan, berupa:Penerimaan Tamu Ambalan selama 2 hari, yang pelaksanaannya
dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas X.
b.
Penerapan Sistem Reguler
Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
·
2 macam SKK Agama
·
2 macam SKK Patriotisme dan
Seni Budaya
·
2 macam SKK Ketangkasan dan
Kesehatan
·
2 macam SKK Ketrampilan dan
Teknik Pembangunan
·
2 macam SKK Sosial,
Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan
Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan
pramuka Penegak meliputi jenjang:
a)
Bantara
b)
Laksana
5)
Gladian Pemimpin Sangga ( 1
kali )
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2
kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan
Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10)
Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11)
Pengiriman regu penegak ke
tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
12)
Kegiatan dengan gugus depan
lain ( latihan gabungan )
13)
Musyawarah Gugus Depan
2.
Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan
administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian /
Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus
Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang
meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang
meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3.
Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber
dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak
mengikat
4.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk
kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk
pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan
yang dihadiri oleh MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam
Semester
Penjabaran program dalam semester gugus
depan 11.027-11.028 pangkalan SMA AL
HIKMAH MUNCAR dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN
: JULI 2019 SAMPAI DENGAN Desember 2019
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa
Orientasi Anggota Baru (system Blok)
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
2.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
3.
|
Ujian SKU
Penegak Bantara
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
4.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
5.
|
Gladian
Pemimpin Sangga
|
|
|
X
|
|
|
|
|
6.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
7.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
|
|
X
|
|
|
|
|
8.
|
Bakti
Masyarakat
|
|
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Latihan
gabungan
|
|
|
|
X
|
|
|
|
10.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
11.
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN
: JANUARI 2016 SAMPAI DENGAN JUNI 2016
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
2.
|
Ujian SKU
Penegak Bantara
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
3.
|
Ujian SKU
Penegak Laksana
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
4.
|
Ujian SKU
Penegak Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Gladian
Pemimpin Sangga
|
|
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
|
|
|
X
|
|
|
|
8.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Bakti
Masyarakat
|
|
|
|
|
|
X
|
|
10.
|
Latihan gabungan
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
12.
|
TLTD
|
|
|
|
X
|
|
|
|
13.
|
Musyawarah
Gugus Depan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14.
|
Perkemahan
jauh dan Pengembaraan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
15.
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat
dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap
hari Rabu dimulai pukul 14.30 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan
pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu
Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin
adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa Dharma dan Trisatya
3)
PBB dan Upacara Pramuka
4)
Sandi pramuka (huruf rahasia)
5)
Semaphore
6)
Kompas
7)
Pionering, tali temali,
macam-macam ikatan
8)
Api Unggun
9)
Tata Boga
10)
Hasta karya Pramuka
11)
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi
Kperamukaan
12)
Musyawarah dan Mufakat
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
Penjelajahan dam Permainan
Pramuka
16)
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
17)
Bakti karya
18)
Kegiatan lain yang berupa
kegiatan insidental dan spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus)
adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk
menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing
Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan
(Dewan Ambalan)
3)
Peserta dalam kegiatan
Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang
meliputi Pinsa dan Wapinsa setiap sangga
2)
Pemimpin Sangga Utama (Pradana)
putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri
para pramuka pandega
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina
OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar
Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting diantaranya
Andalan Ranting Urusan Penegak
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan
bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan
pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai
pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
·
Penjelajahan dan halang rintang
·
Kegiatan latihan gabungan
·
Kegiatan kunjungan ke tempat
rekreasi
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
·
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan
pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan
Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri
pada pukul 14.00 WIB (Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat
dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
·
Penerimaan tamu pasukan
(anggota baru)
·
Kegiatan Pelantikan Kenaikan
Tingkat
·
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan
(MUGUS)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
(LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar
sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada
Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama)
kegiatan ini ditempatkan di daerah Sungai Bahar, sedang pada semester genap
(kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar Kecamatan Bahar Utara.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini
adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan
pada kegiatan ini adalah:
·
Kegiatan Bakti Masyarakat
·
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
·
Kegiatan Latihan Dasar
Kepemimpinan (LDK)
·
Kegiatan Lomba TLTD
·
Kegiatan Pengembaraan atau
Kemah Beranting
·
Gladian Pemimpin Sangga
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir
Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada
tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah
keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah
dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar
program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai
dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan
ini adalah
·
Kegiatan kunjungan ke anggota gugus
depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·
Mengikuti kegiatan yang berasal
dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN
PRAMUKA
GUGUS DEPAN 11.027-11.028
PANGKALAN SMA AL HIKMAH MUNCAR
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat
|
|
|||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penegak
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenegak di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penegak di lapangan
|
|
||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf
SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|
||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman
kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|
||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api
unggun
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|
||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata
boga
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|
||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|
||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang
Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|
||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah
dan mufakat Pramuka
|
|
|
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|
||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|
||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah
alam dan out bout
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|
||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|
||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu
wajib dan daerah
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|
||
15
|
15.
Mengetahui makna bakti karya penegak
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penegak
|
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penegak
|
Bakti
karya
|
15.2 Bakti karya Penegak untuk desa
|
*
Bakti karya penegak untuk masyarakat pegunungan
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menyebutkan tokoh pramuka
dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
*
Menyebutkan organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Menjelaskan Sejarah singkat
pramuka di Indonesia
|
||
*
Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
* Menjelaskan
isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
* Menerapkan
isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB
serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENEGAK
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan
PBB dasar
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacaraPenegak di lapangan
|
* Latihan
sikap sempurna sampai gerak jalan
|
||
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
|||
* UpacaraPenegak
|
|||
3. Memahami macam-
macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
* Mengungkapan
Isi suatu SANDI
|
SANDI
dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
* Memperagakan
bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
*
Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah
|
Pedoman
Kompas
|
5. Memahami penggu
naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
* Membuat
beragam simpul tali
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu
dan kaki tiga
|
*
Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
* Membuat
tandu
|
||
* Membuat
kaki 3
|
|||
*
Menyebutkan cara mendirikan tenda
|
|||
*
Mendirikan tenda
|
|||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
*
Menyebutkan kegunaan api unggun
|
Api
unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun di SD
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep
/ bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
* Membuat
resep rujak an dan sayuran
|
Tata
Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
* Memasak
sayuran dan membuat lauk pauk
|
||
8. Memahami cara
membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
* Membuat
anyaman atap gubug
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
* Membaut
sendal kayu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
*
Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat
jadwal latihan lanjut
|
*
Bermusyawarah membuat jadwal latihan
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
* Membuat
tanda jejak dan peta penjelajahan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
*
Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah
|
||
12. Memahami definisi
dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
*
Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
*
Menyebutkan cara praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
* Menjelaskan
arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam
jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam
lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib
dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 2 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti
karya penegak
|
15.1 Mengetahui makna bakti
karya Penegak
|
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penegak
|
Bakti
Karya PENEGAK
|
15.2 Bakti karya Penegak
untuk desa
|
* Bakti
karya penegak untuk masyarakat pegunungan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menganalis nilai-nilai perjuangan
para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menganalisis
peran organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah
pramuka Indonesia
|
||
Mengidentifikasi nilai-nilai
kepramukaan pada tokoh pramuka
Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
Menganalisis
isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
Memberikan
contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB
serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENEGAK
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan
PBB lanjutan
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacara Penegak di lapangan
|
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
||
* Latihan petugas
upacra
|
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
* Membuatu
contoh SANDI
|
SANDI
dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
*
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Melatih penghitungan dan
pengukuran arah yang dituju.
|
Pemnfaatan
Kompas
|
5. Memahami penggu
naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn
Tandu-Tali Temali.
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu
dan kaki tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
Mendirikan
tenda
|
||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menganalisis
manfaat api unggun
|
Api
unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep
makanan ringan
|
* Membuat
resep makanan ringan
|
Tata
Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat makanan ringan)
|
* Membuat
atau memasak makanan ringan
|
||
8. Memahami cara
membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan
kreativitas secara mandiri atau beregu.
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan
secara mandiri dan beregu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
* Mengindentifikasi
nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat
jadwal latihan lanjut
|
* Mempraktekan
kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Membaca
peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
* Mampu
membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi
dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Mengetahui
obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
* Mengetahui
cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam
jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam
lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam
lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib
dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15.
Mengetahui makna bakti karya penegak
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penegak
|
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penegak
|
Bakti
Karya
|
15.2 Bakti karya Penegak untuk desa
|
* Bakti karya penegak
untuk masyarakat pegunungan
|
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)
disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing
Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan
tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan
sebagai berikut :
1.
Ketua : Bahru Rokhim, S.Kom
2.
Anggota : Binti Farhantun Nisa, S.Pd
3.
Anggota : Muhammad Iskandar, S.Pd
4.
Anggota : Siti Nur Imamah, S.Pd
5.
Anggota : Ririn Hidayati, S.Pd
B.
Susunan Pengurus Dewan Ambalan
Dewan Ambalan pada prinsipnya adalah dewan
kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan
gugus depan. Dewan Ambalan bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan
aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Ambalan juga berfungsi panitia kegiatan
untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin.
Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk panitia
kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penegak
terdiri dari pemimpin regu utama (pradana), pemimpin sangga (pinsa) dan wakil
pemimpinsangga (wapinsa), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun
susunan pengurus Dewan Kerja Penegak Gudep
11.027-11.028 SMA AL HIKMAH MUNCAR sebagai berikut:
1.
Ketua : Farul Armahendra
2.
Wakil Ketua : Dilla Lutfiana
3.
Sekretaris : Umi Naimatul Nikmah
4.
Bendahara : Siti Alina Salsabila
5.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional
Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
Abdul Karim
2.
Luluk Nurjanah
b.
Bidang Adminsitrasi dan
Organisasi
1.
Very Irawan
2.
Siti Anggraini
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
M. Habibi
2.
Rika Amelia
C.
Dewan Kehormatan Penegak
Dewan Kehormatan Penegak terdiri atas
anggota pramuka yang sudah mencapai minimal Bantara dan sudah kelas XII. Dewan
Kehormatan bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penegak
mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina
dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penegak. Adapun susunan
Dewan Kehormatan Penegak adalah :
1.
Ketua : M. Diyaul Haqi
2.
Anggota : Isma Yulfi Roihana
3.
Anggota : Ahmad Hafidz
4.
Anggota : Alfi Manzilatun
5.
Anggota : M. Putra Bahrudin
6.
Anggota : M. Alkafi Saifulloh Ghozali
D.
Struktur Organisasi Gudep
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Calon
Penegak; 2) Kelompok
Penegak Bantara; 3) Kelompok Penegak Laksana,
Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta didik yang telah mengikuti pelatikan Penggalang Ramu, Penggalang
Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di SMP/MTS
dimasukkan dalam calon penegak selama 3 bulan.
2)
Peserta didik yang belum/jarang mengikuti pelatikan Pramuka Penggalang pada
saat di SMP/MTS dimasukkan dalam calon penegak selama 9 bulan.
Untuk
keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan
kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.
F. Pelaksanaan Latihan
/ Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan rutin
dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada
kegiatan praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa
kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan
pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis
yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya
tetapi berhasil guna dan tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program
Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian Pendidikan Kepramukaan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1)
Penilaian dilakukan lebih banyak secara
kualitatif.
2)
Peserta
didik diwajibkan untuk
mendapatka nnilai minimal baik pada
kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3)
Nilai yang
diperoleh pada kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan
berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4)
Apabila Nilai
di bawah baik dalam dua
semester atau satu
tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti program khusus
yang diselenggarakan bagi mereka
(Modifikasi Prilaku)
5)
Kriteria
keberhasilan kompetensi lebih
ditentukan oleh proses dan
keikutsertaan peserta didik.
6)
Proses penilaian dilaksanakan setiap kali
latihan dan setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7)
Proses
penilaian dilaksanakan dengan
metode Observasi dan Partisipasi.
8)
Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan Kompetensi
Dasar dari masing-masing
Tema dan Matapelajaran.
9)
Proses
Penilaian dilakukan oleh Mabigus,
Pembina Pramuka serta pembina pembantu.
10) Pelaporan
nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
11.027-11.028 Pangkalan SMA AL HIKMAH MUNCAR tersusun, dengan harapan
dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu
program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam
menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SMA AL
HIKMAH MUNCAR.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh
dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi
perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja
ini dapat bermanfaat bagi semua.
Muncar, , Mei 2019
Ketua Dewan Ambalan, Sekretaris
Farul Arma Hendra Umi
Naimatul Nikmah
Menyetujui,
Ketua
Mabigus,
SAIFULLOH HUBAIDI, SH, M.Pd
+ komentar + 2 komentar
boleh minta contoh program nya
boleh minta contoh program nya