PROGRAM KERJA LABORATORIUM IPA (KIMIA, FISIKA, BIOLOGI)
TAHUN PELAJARAN 2020-2021
DAN
EVALUASI PROGRAM KERJA LABORATORIUM
TAHUN PELAJARAN 2019-2020
SMA AL HIKMAH MUNCAR
PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS PENDIDIKAN
KATA PENGANTAR
Assalamu’alikum, Wr, Wb.
Insya Allah dengan kerja sama yang baik antara Guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) SMA Al Hikmah Muncar. Akhirnya program kerja laboratorium SMA Al Hikmah Muncar dapat diselesaikan
sesuai dengan kondisi sekolah.
Tentu diharapkan program kerja ini dapat menjadi pedoman bagi Guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi)
SMA AL HIKMAH MUNCAR, terutama dalam membantu pelaksanaan proses belajar mengajar.
Penyusunan program kerja tahunan untuk semester 1 ini disusun secara Nasional dan
Realistis dengan tujuan agar program ini dapat dilaksanakan oleh setiap guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) SMA
Al Hikmah Muncar.
Kami atas nama guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) mengucapkan terimakasih kepada guru dan pegawai di SMA AL HIKMAH MUNCAR, karena telah banyak membantu kami dalam penyusunan program kerja\
Ini.
Kami menyadari atas kelemahan-kelemahan program kerja ini,dengan kerendahan hati kami menerima setiap saran dan kritik dari pembaca demi kesempurnaan program
Kerja ini.
Muncar, juli 200
Penanggung jawab labor IPA
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………i
DAFTAR ISI……………………………………………… ii
BAB1 PENDAHULUAN
A.Latar belakang…………………………………………………...1
B.Tujuan…………………………………………………………...1
C.Ruang lingkup program………………………………………….2
BAB.11 TITIK BERAT PROGRAM
A. Perencanaan…………………………………………………… 3
B. Pengorganisasian kegiatan belajar mengajar……………………4
C. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar…………………………4
D.Administrasi lab.-IPA……………………………………………5
E.Laporan……………………………………………………………9
BAB. 111 PENUTUP
A.Kesimpulan………………………………………………………11
B. Saran……………………………………………………………11
LAMPIRAN
1.Struktur organisasi laboratorium SMA Al Hikmah Muncar
2. Jadwal program kerja Lab. SMA Al Hikmah Muncar
3.Program tahunan laboratorium SMA Al Hikmah Muncar
4.Evaluasi program kerja laboratorium SMA Al Hikmah Muncar
5.Daftar permintaan alat/ bahan praktek
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejalan dengan penciptaan tujuan pendidikan pada SMA umumnya dan SMA N 4
Padang yaitu mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi.
Maka peran laboratorium IPA (Kimia, Fisika, Biologi) SMA Al Hikmah Muncar sangat menentukan tercapai tidaknya tujuan tersebut.
Bertitik tolak kepada tujuan pendidikan yang dicapai,seyogianyalah sekolah me
Nyusun suatu program kerja laboratorium yang realistis dan benar-benar menunjang
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bagi guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) SMA Al Hikmah Muncar
Sehingga diharapkan terciptanya kondisi, dinamis untuk mengoptimalkan kegiatan
LABORATORIUM IPA (Kimia, Fisika, Biologi) baik guru maupun siswanya.
IPA beroreantasi kepada observasi dan eksperimen,tidaklah relevan lagi bila
Pengajaran IPA itu hanya disajikan guru sebagai teori-teori belaka.Tetapi harus di
Landasi dengan eksperimen sebagai bukti teori yang diberikan kepada siswa.
Pengajan yang hanya berlandaskan teori saja tanpa adanya praktek dalam pembelajan IPA sangatlah tidaklah efektif Dan akan lebih baik apabila keduanya
Dapat dilaksanakan dan diterapkan. Pembelajan IPA sangatlah tidak efektif Dan
Akan lebih baik apabila keduanya dapat dilaksanakan dan diterapkan Pembelajaran
IPA bukanlah pembelajaran yang hanya dapat diterima dengan pemberian teori dan
Rumus saja tetapi butuh adanya praktek eengganan guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) untuk melaksanakan kegiatan lab merupakan titik awal kemunduran dan ketinggalan yang
Sangat merugikan pendidikan. Justru itu,program kerja ini merupakan gambaran
Proyeksi bagi sekolah untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajardisekolah
B. TUJUAN PROGRAM
- Umum
1. Pengembangan dan meningkatkan kemampuan guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) dalam mengelo
La siswanya.
2. Agar meningkatnya mutu pendidikan
B.Khusus
1.Agar kegiatan lab lebih terencana dan terarah.
2Agar guru-guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) merasa sadar dan bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan lab IPA
3 Agar kegiatan belajar mengajar IPA berorientasi kepada observasi dan exp
4.Membudayakan guru dan siswa untuk melaksanakan kegiatan lab.
C.Ruang Lingkup Program.
1.Perencanaan
2.Pengorganisasian kegiatan dan pembagian tugas.
3.Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
4.Administrasi laboratorium
5.Pengembangan
6. Laporan..
BAB II
TITIK BERAT PROGRAM KERJA
Program kerja labor IPA yang realistic dan disusun sesuai dengan kondisis sekolah merupakan syarat utam untuk mencapai pengajaran IPA yang berorientasi kepada orientasi dan eksperimen untuk mencapai tujuan tersebut diatas, maka perlu kerja labor di titik beratkan kepada ruang lingkup dibawah ini.
- Perencanaan
Perencanaan yang matang dan sesuai dengan kondisi sekolah sangat perlu disusun dengan baik, sehingga pelaksanaan PBM di laboratorium tidak terlambat.
Penyusunan perencacaan kegiatan labor, disusun diawal tahun pelajaran yang meliputi :
1. menetapkan jadwal kegiatan labor
2. menyusun program tahunan
3. menyusun program kebutuhan alat dan bahan
4. ceking alat dan bahan yang dibutuhkan
5. pembelian dan perbaikanalat / bahan
- pengorganisasian kegiatan dan pemberian tugas
bertitik tolak pada hasil yang dicapai, perlu adanya keterlibatan seluruh personil labor, untuk bertanggung jawab dalam pengelolaan lab IPA
justru itu sangat diperlukan pengorganisasian dan pemberian tugas guru – guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) dan laboran SMA AL HIKMAH MUNCAR. Dan itu dalam bentuk struktur organisai lab IPA SMA AL HIKMAH MUNCAR (skema struktur organisasi terlampir )
- pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
kegiatan belajar mengajar IPA (Biologi, kimia, dan fisika) haruslah berorientasi pada kepada observasi dan eksperimen, maka seyogyanya KBM IPA dilaksanakan dengan persiapan yang matang, sehingga diharapkan setiap siswa benar – benar aktif dan kreatif dalam pembelajaran IPA.
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pelaksanaan KBM IPA dilaboratorium antara lain :
1. mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan pada setiap pokok bahasan atau tatap muka .
2. uji coba cara kerja sesuai penuntun praktikum
3. melaksakan lab kepada siswa sebelum kegiatan dimulai
4. memberikan petunjuk kepada siswa sebelum kegiatan dimulai
5. menetapkan jumlah kelompok belajar siswa
6. melaksanakan kegiatan dengan serius, tenaga, tertib, dan aman
7. menyampaikan tata tertib kegiatan lab kepada siswa
8. melaksanakan diskusi kelompok dan diskusi kelas setiap selesai melaksanakan kegiatan
9. menyususn laporan hasil diskusi
10. membersihkan, menyimpan/ menyusun, mengajar/ memelihara alat dan bahan lab IPA sebelum sesudah kegiatan
11. melaksanakan kegiatan K3 sebelum dan sesudah kegiatan lab.
12. mengisi bahan- bahan administrasi labor sebelum dan sesudah kegiatan
- administrasi labor IPA
kelancaran pelaksanaan kegiatan lab IPA sangat bertumpu pada teratur tidaknya administrasi lab dengan ketentuan administrasi.
Kita dapat mengetahui kebutuhan yang diperlukan, persediaan yang ada terlaksana atau tidaknya kegiatan lab
Dan masalah – masalah yang harus dipecahkan
1. kelengkapan administrasi lab ini meliputi
2. bahan penerimaan barang / alat
3. bahan pembelian barang / alat
4. bahan inventaris
5. bahan persediaan ( bahan stok barang / alat )
6. bahan kegiatan lab IPA ( bio, kimia, fisika )
7. bahan permintaan alat / bahan
8. bahanpemeliharaan dan perbaikan
9. buku notulen rapat
10. buku tamu pembinaan
pengisian buku – buku administrasi ini dapat dilakukan guru dengan bantuan laboran. Sehingga seluruh kegiatan lab memperoleh data – data fisik yang dapat dipertanggung jawaban .
agar program kerja lab IPA SMA Al Hikmah Muncar terlaksana dengan lancer, maka perlu adanya pembagian tugas bagi guru dan laboran. Antara lain :
1. Dra. Mardiati ( lab IPA )
a. koordinator lab IPA
b. koordinator penyusunan program kerja lab IPA
c. koordinator penyusunan pembagian tugas
d. supervisor pelaksanaan kegiatan lab IPA ( membuat laporan bulanan fdan tahunan ) kepada kepala sekolah dan kantor dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi
e. mengontrol, memonitor, dan mengawasi administrasi lab IPA
f. mengisi buku kegiatan lab setiap kegiatan belajar mengajar
g. mempersiapkan, mempergunakan, membersihkan dan menyimpan alat/ bahan selesai praktikum
h. memelihara, mempersiapkan, dan perbaikan alat
i. membersihkan, menyusun, menyimpan, dan memelihara alat- alat lab IPA
j. memelihara dan menjaga K3
2. Yurida Sukma ( lab fisika )
a. penaggung jawab lab fisika
b. menyusun program kerja tahunan
c. menysun program kegiatan fisika
d. menyusun jadwal program kegiatan tahunan fisika
e. menyususn jadwal program kegiatan lab fisika
f. koordinator pelaksanaan kegiatan lab fisika
g. mengisi buku- buku kegiatan lab fisika
h. melaksanakan kegiatan belajar mengajar fisika
i. mempersiapkan, mempergunakan membersihakan dan menyimpan alat – alat fisika setelah klegiatan
j. memelihara dan memperbaiki alat –alat fisika
k. menjaga dan memelihara K3 lab fisika sebelum dan sesudah kegiatan
l. menyusun laporan 1x sebulan dan 1x setahun kepada koordinator lab IPA
3. Ruskianto, S.Pd ( lab kimia )
a. penanggung jawab lab kimia
b. menyusun program kerja lab kimia
c. menyusun jadwal program kerja tahunan kimia
d. menyusun jadwal kegiatan lab kimia
e. supervisor pelaksanaan kegiatan lab kimia
f. supervisor pelaksanaan administrasi lab kimia
g. melaksanakan kegiatan belajar mengajar kimia
h. mengisi buku – buku kegiatan lab kimia
i. mempersiapkan, mempergunakan, membersihkan, dan menyimpan alat / bahan kimia setelah selesai kegiatan
j. memelihara dan memperbaiki alat kimia
k. membersihakan, menyusun, menyimpan dan memelihara alat kimia
l. menjaga, memelihara K3 lab kimia sebelum dan sesudah kegiatan
m. menyusun laporan 1x sebulan dan 1x setahun kepada kepala koordinator lab IPA
4. Neng Mulyati ( lab biologi )
a. penanggung jawab lab biologi
b. menyusun program kegiatan lab biologi
c. menyusun jadwal program tahunan biologi
d. menyusun jadwal kegiatan lab biologi
e. supervisor pelaksanaan kegiatan lab biologi
f. supervisor pelaksanaan administrasi lab biologi
g. melkasanakan kegiatan belajar mengajar biologi
h. mengisi buku-buku kegiatan lab biologi
i. mempersiapkan, mempegunakan, membersihkan, dan menyimpan alat / bahan biologi setelah selesai kegiatan
j. memelihara dan memperbaiki alat biologi
k. membersihkan, menyusun, menyimpan dan memelihara alat biologi
l. menjaga, memelihara K3 lab biologi sebelum dan sesudah kegiatan
m. menyusun laporan 1x sebulan dan 1x setahun kepada kepala koordinator lab IPA
5. Nida Usni ( laboran )
Laboran mempunyai tugas yang sangat penting dalam kegiatan lab dengan laboran kita dapat mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan dengan lancer
Justru laboran itu perlu menyadari dan melaksanakan tugasnya dengan baik antara lain :
a. mempersiapkan alat/ bahan yang diperlukan setiap kegiatan
b. mengisi buku kegiatan sebelum dan sesudah kegiatan
c. membersihkan ruangan, alat- alat dan menyimpan dengan susunan yang baik pada tempat yang ditetapkan
d. mengklasifikasikan alat / bahan yang disimpan ( menghindari kecelakaan dan kebakaran )
e. membantu guru dalam persiapan, pelaksanaaan kegiatan lab
f. membuat lap kegiatan lab
g. membuat lap kegiatan lab setiap bulan dan setiap tahun bersama guru
- laporan
laporan lab IPA merupakan penentu pengambilan tindak lanjut kegiatan mendatang dengan laporan yang akurat kita dapat mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan, memecahkan masalah yang timbul, serta langkah – langkah apa yang perlu kita lakukan untuk masa mendatang.
Laporan kegiatan lab ini dilakukan sekali sebulan kepada kepala sekolah dan sekali setahun kepada kantor dinas pendidikan Kabupaten Banyuwangi yang disusun koordinator lab IPA bersama guru dan laboran.
Laporan ini dapat dilakukan dalam bentuk matrik yang kegiatannya disesuaikan dengan rencana dan pelaksanaan program kerja lab IPA
Matrik lap ini berisi materi :
1. Nomor urut
2. Rencana kegiatan
3. pelaksanaan kegiatan
4. hasil
5. masalah
6. pemecahan masalah
7. tindak lanjut
arsip laporan kegiatan laboratorium ini dapat dibuat dalam buku folio yang ditandatangani setiap bulan oleh coordinator lab IPA dan kepala sekolah
untuk kelancaran dan keteraturan lab ini maka ditandatangani setiap minggu pertama setiap bulannya.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
IPA berorientasi kepada eksperimen dan ekonomi, maka kegiatan belajar mengajar IPA haruslah dilaksanakan dalam bentuk eksperimen atau adanya observasi
Agar pelaksanaan proses belajar mengajar berlansung dengan baik, diperlukan suatu program kerja terencana, terprogram, dan terarah, agar, agar pelaksanaan proses belajar mengajar berlangsung efektif dan efisien.
Titik berat program kerja ini disamping untuk meningkatkan kemampuan professional guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi), juga diharapkan pembagian tugas yang menjadi tnggung jawab masing – masin g guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi)
B. SARAN
Bertitik tolak pada tujuan yang ingin dicapai, yaitu peningkatan mutu pendidikan di SMA Al Hikmah Muncar maka disarankan :
- agar setiap guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) benar –benar dapat melaksanakan kegiatan labor pada setiaptatap muka pada proses belajar mengajar
- agar guru IPA (Kimia, Fisika, Biologi) sebelum tahun pelajaran baru benar- benar telah memprogramkan kebutuhan tahunan ( program tahunan )
- untuk menunjang minat baca di LABORATORIUM IPA (Kimia, Fisika, Biologi) dilengkapi dengan perpustakaan mini.
Lampiran 1
STRUKTUR ORGANISASI LABORATOTIUM IPA
SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JADWAL PROGRAM KERJA LABORATORIUM |
SMA AL HIKMAH MUNCAR |
TAHUN PELAJARAN 2020-2021 |
No. |
Kegiatan Program |
Bulan |
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||||||||||||||||||||||||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. |
Perencanaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Menyusun program kerja tahunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Menyusun jadwal kerja tahunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Menyusun jadwal kegiatan lab. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Menyusun program kebutuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Ceking alat/zat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Pengadaan alat atau bahan kebutuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Pemeliharaan atau perbaikan zat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Pengorganisasian dan Pembagian Tugas Guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Menyusun struktur organisasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Menyusun uraian tugas koordinator dan anggota |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
Pelaksanaan KBM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Persiapan alat atau kebutuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Uji coba prosedur dalam praktikum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Memberikan petunjuk proses praktikum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Pelaksanaan kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Menyusun laporan kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Mengisi buku administrasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Mmebersihkan dan menyusun alat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Melaksanakan K3 labor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
Administrasi Laboratorium |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mengisi buku penerimaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mengisi buku pembelian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Mengisi buku stock barang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Mengisi buku permintaan barang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Mengisi buku kegiatan laboratorium |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Mengisi buku pemeliharaan dan perbaikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Mengisi buku notulen rapat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Mengisi buku tamu pembinaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. |
Pengembangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mengikuti diklat laboran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Melaksanakan kerja sama dengan perguruan tinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F. |
Pelaksanaan KBM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mengisi laporan bulanan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mengisi laporan semester |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|