PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
BIDANG KURIKULUM
A. Sasaran Mutu Wakil Kepala Sekolah (WKS) Bidang Kurikulum
Sasaran
mutu WKS Bidang Kurikulum SMA AL HIKMAH
MUNCAR pada
tahun pelajaran 2019/2020 adalah :
1. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi
pengetahuan sesuai dengan tingkat kompetensi
2. 91 % - 100% guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi
ketrampilan sesuai dengan tingkat kompetensi
3. 91% - 100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik
peserta didik dan mata pelajaran
4. Peserta Didik memiliki ketrampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif dalam menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung
atasan berdasarkan kuantitas, kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja,
dan dapat diberikan tugas membimbing orang lain yang diperoleh dari pengalaman
belajar dan kegiatan lain meliputi 1) Praktik di DUDI, 2) Praktik lab/bengkel
sekolah 3) pelaporan tugas / kegiatan, 4) presentasi hasil penugasan 5)
keterlibatan dalam kepanitian, 6) keterlibatan dalam lomba kompetensi siswa
5. Sekolah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif sesuai
dengan ketentuan, melalui langkah berikut:
1)
diputuskan,
2)
ditetapkan,
3)
disosialisasikan,
4) disahkan
6. Peserta Didik mengikuti berbagai ujian :
1) Ulangan,
2) Ujian
Sekolah,
3) Ujian
Nasional,
4) Ujian Unit
Kompetensi,
5) Uji
Kompetensi Keahlian
7. Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan langkah-langkah
sebagai berikut :
1) menetapkan
tujuan penilaian,
2) menyusun
kisi-kisi ujian,
3)
mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
4) melakukan
analisis kualitas instrumen,
5)
melaksanakan penilaian,
6)
melaporkan,
7)
memanfaatkan hasil penilaian
B. Sasaran Kerja Bidang Kurikulum
Untuk
mencapai sasaran mutu WKS Bidang Kurikulum dan dalam rangka fokus pada ketercapaian
tujuan maka pada tahun pelajaran 2019/2020 menetapkan sasaran kerja bidang
kurikulum adalah sebagai berikut :
1. Pemetaan atau pembagian rombongan belajar bagi peserta didik baru tahun
pelajaran 2019/2020.
2. Menyusun Jadwal Pelajaran TP 2019/2020
3. Memastikanperencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran
sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum 2013, melalui kegiatan
perencanaan, monitoring dan supervisi akademis.
4. Merencanakan dan melaksanakan penilaian tingkat satuan pendidikan (PTS,
PAS, USBN, UKK, dan UNBK)
5. Memastikan kegiatan/ program literasi dapat berjalan dengan baik.
6. Menyusun dan mereview kembali Standar Operasional Prosedure (SOP) dan
atau Juknis yang ada di Bidang Kurikulum agar diperoleh SOP yang implementatif.
7. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun soal High Order
Thinking Skill (HOTS) melalui kegiatan bimbingan teknis atau optimalisasi peran
MGMP tingkat sekolah.
8. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum
2013
9. Mendorong Peran LSP - P1 SMA AL HIKMAH MUNCAR dalam melaksanakan
sertifikasi kompetensi bagi peserta didik.
10. 100 % Peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2019/2020 lulus dari SMA AL
HIKMAH MUNCAR.
11. Meningkatkan kompetensi TIK guru khususnya dalam proses pembelajaran dan
penilaian hasil belajar.
12. Menyusun K13 SMA AL HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2020/2021 dan
memastikan bahwa dokumen K13 telah ditandatangani Kepala Sekolah ditetapkan
oleh ketua komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
C. Program Kerja Bidang Kurikulum
Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian
kerja, tujuan, Indikator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan
yang direncanakan oleh bidang kurikulum SMA AL HIKMAH MUNCAR. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu,
dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMA AL
HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun
Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA
AL HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah seperti
pada tabel berikut dibawah ini :
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
INDIKATOR KETERCAPAIAN
|
UNSUR YANG TERLIBAT
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU
|
KET
|
A.
|
Standar Isi
|
|||||||
|
1. Penyusunan
Program Kerja Kurikulum
|
Rapat koordininasi WKS 1 bersama staff untuk penyusunan program kerja
|
Untuk menyusun program kerja yang sesuai dengan sasaran kerja dan mutu
WKS bidang kurikulum
|
Tersusunnya program kerja WKS bidang kurikulum SMA AL HIKMAH MUNCARTP
2019/2020
|
WKS 1, Staff WKS 1
|
WKS 1
|
Juli 2019
|
|
|
2. Penyusunan
Peraturan Akademik
|
Rapat penyusunan peraturan Akademik SMA AL HIKMAH MUNCAR TP 2019/2020
|
Untuk mewujudkan Peraturan Akademik yang implementatif dan dipedomani
seluruh warga SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Tersusunnya Peraturan Akademik SMA AL HIKMAH MUNCARTP 2019/2020
|
WKS 1 dan Staff
|
WKS 1
|
Juli 2019
|
|
|
3. Penyusunan
Jadwal Pelajaran Semester Genap TP 2019/2020
|
Rapat penyusunan jadwal pelajaran semester genap TP 2019/2020
|
Untuk menyusun jadwal pelajaran semester genap TP 2019/2020
|
Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester genap TP 2019/2020
|
Kepala Sekolah, WKS 1, Ketua Kompetensi Keahlian
|
Kepala Sekolah
|
Desember 2019
|
|
|
4. Pengembangan
Kurikulum SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
a. Rapat evaluasi implementasi K13 dan
penyusunan draft K13 oleh Tim Pengembang Kurikulum
b. Workshop Review draft K13 TP 2019/2020
c. Penyelarasan Kurikulum dengan DUDI
d. Finalisasi Dokumen K13 TP 2019/2020
|
a. Mengembangkan K13
berdasarkan hasil evaluasi implementasi K13
b. Menyelaraskan kurikulum
dengan DUDI dan revisi K13 agar sesuai dengan peraturan terbaru dan
kompetensi yang dibutuhkan DUDI
c. Menyelaraskan kompetensi
dasar, IPK, atau materi pembelajaran dengan kebutuhan DUDI
d. Mengesahkan dokumen K13
yang telah direview oleh tim
|
a. Tersusunnya Draft Dokumen K13 hasil usulan
dari DUDI dan perbaikan berdasarkan evaluasi
b. Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan
POS dan peraturan yang berlaku
c. Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan
Industri
d. Adanya Dokumen K13 TP2019/2020 yang telah
ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, dan
Disahkan/divalidasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi ..........
|
Tim Pengembang K13, WKS 1
|
Kepala Sekolah
|
Mei 2020
|
|
|
5. Pembagian
Tugas Mengajar Guru
|
Rapat penyusunan pembagian tugas mengajar guru TP 2019/2020
|
Untuk menyusun pembagian tugas mengajar guru
|
Tersusunnya Beban Mengajar Guru yang sesuai dengan peraturan
yang berlaku
|
Kepala Sekolah, WKS 1
|
Kepala Sekolah
|
Juni 2020
|
|
B.
|
Standar Proses
|
|
||||||
|
1. Pengadaan
Buku Pemerintah dan Buku Pendamping
|
Kegiatan pengadaan buku teks pelajaran / buku guru dan buku siswa (pemerintah),
buku non teks pelajaran, modul pembelajaran
|
Untuk memastikan semua peserta didik dapat menggunakan sumber belajar
/ buku teks dan atau buku pendamping yang sesuai baik secara kualitas maupun
kuantitas
|
Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang
digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi
|
WKS 1, Ketua MGMP, dan guru mata pelajaran
|
Kepala Sekolah
|
Juli 2019
|
|
|
2. Workshop
Penulisan soal HOTS bagi guru SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Pelatihan bagi guru SMA AL HIKMAH MUNCARtentang penulisan soal HOTS
|
Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen evaluasi /
soal tipe HOTS
|
Guru mampu menyusun soal bertipe HOTS
|
Kepala Sekolah, WKS 1, guru SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Kepala Sekolah
|
Desember 2019
|
|
|
3. Rapat
Koordinasi WKS Bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas dengan Kaproli, Ketua MGMP
Mata Pelajaran dan Koordinator BP BK
|
Rapat WKS 1 dan Staff bersama dengan WKS 2, ketua MGMP Mapel, dan
Koordinator BP BK dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembelajaran
dan bimbingan
|
Adanya koordinasi dan sinergi antara unit kerja dalam rangka
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Semua unit kerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait
peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik
|
Kepala Sekolah, WKS, Ketua Kompetensi Keahlian, Ketua MGMP dan
Koordinator BP BK
|
Kepal Sekolah
|
September 2019
Februari 2020
|
|
|
4. Rapat
Koordinasi Wali Kelas dengan orang tua wali siswa
|
Rapat antara wali kelas dengan orangtua peserta didik yang diampu
dalam rangka mewujudkan pendidikan peserta didik secara utuh dan terintegrasi
|
a. Sebagai wadah untuk menyampaikan informasi
program sekolah kepada orangtua siswa
b. Menyamakan visi dan misi antara orangtua
dan sekolah dalam mendidik peserta didik
|
Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam
melaksanakan proses pembelajaran di SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Kepala Sekolaah, WKS 1, Wali Kelas, Orangtua peserta didik
|
Kepala Sekolah
|
Oktober 2019
Maret 2020
|
|
|
||||||||
|
5. Penguatan
Program Literasi Sekolah
|
a. Pengadaan
Buku non teks pelajaran
b. Pengadaan
Almari/ tempat buku bacaan pada setiap ruang belajar/ kelas
c. Rapat
Koordinasi Tim Gerakan Literasi Sekolah SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
a. Untuk meningkatkan
kuantitas dan jenis buku bacaan yang akan digunakan dalam kegiatan literasi
b. Sebagai tempat buku non
teks dalam rangka mendukung kegiatan literasi pda setiap ruang belajar
c. Untuk mnyusun program
kerja literasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan jenis literasi
|
Adanya buku noon teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan
literasi baca
Adanya almari / tempat buku pada setiap ruang belajar
Adanya Program Kerja Tim Literasi
|
Kepala Sekolah, WKS 1, Kepala Perpustakaan, WKS 3, Tim GLS
|
Kepala Sekolah
|
Agustus 2019
Agustus 2019
Agustus 2019
|
|
|
6. Program
Persiapan UNBK Tahun 2020
|
a. Penyusunan
dan Penggandaan Modul Persiapan UNBK sesuai dengan SKL yang ada
b. Kegiatan
penambahan pembelajaran/tutorial untuk mata pelajaran yang diujikan dalam
UNBK
|
a. Untuk menyusun modul
persiapan UNBK dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan
menyelesiakan soal-soal tipe UNBK pada setiap mata pelajaran
b. Untuk mempersiapkan
materi dan mental siswa dalam rangka menghadapi UNBK sehingga rata-rata nilai
UNBK SMA AL HIKMAH MUNCAR pada TP 2020/2021 meningkat
|
Tersusunnya Modul Persiapan UNBK dari setiap mata pelajaran yang
diujikan
Terlaksananya program tutorial bagi kelas XII
|
Kepala Sekolah, WKS 1 dan Staff, Guru mapel yang diujikan dalam UNBK
|
WKS 1
|
Desember 2019
Januari s.d Maret 2020
|
|
|
8. Pemantauan,
Monitoring, dan evaluasi Proses Pembelajaran
|
Supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
|
Untuk mengetahui kualitasimplementasi pembelajaran guru dalam rangka
melakukan tindakan berbaikan secara berkelanjutan
|
Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru
|
Kepala Sekolah dan tim supervisi
|
Kepala Sekolah
|
September 2019 dan Maret 2020
|
|
C.
|
|
|||||||
|
1. Sosialisasi
Penilaian (komponen, teknik, dan instrumen penilaian)
|
Rapat koordinasi dan sosialisasi tentang komponen, teknik, dan
instrumen penilaian bagi semua guru SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Untuk meningkatkan pemahaman guru SMA AL HIKMAH MUNCAR tentang
penilaian hasil belajar
|
Guru di SMA AL HIKMAH MUNCAR memahami tentang komponen, teknik,
dan instrumen penilaian hasil belajar.
|
Kepala Sekolah dan semua guru
|
WKS 1
|
Oktober 2019
|
|
|
2. Pengembangan
dan implementasi e rapor SMA untuk penyusunan Laporan Hasil Belajar Siswa
|
Sosialisasi dan implementasi Erapor SMA untuk penyusunan Laporan Hasil
Belajar Siswa
|
Semua guru memahami dan bisa menggunakan aplikasi erapor sebagai wujud
implementasi sistem informasi managemen di SMA AL HIKMAH MUNCAR
|
Tersusunnya Rapor Hasil Belajar siswa menggunakan eraport SMA
|
Kepala Sekolah dan Semua guru
|
WKS 1
|
Desember 2019
|
|
|
3. Kegiatan
Penilaian Harian (Ulangan Harian)
|
Penilaian terhadap kompetensi yang telah dipelajari peserta
didik melalui kegiatan ulangan harian, penugasan, danatau tes lisan
|
Untuk mengukur kompetensi yang dimiliki peserta didik setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk beberapa kompetensi dasar atau materi
tertentu
|
Adanya dokumen hasilpekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian
harian
|
Guru, peserta didik
|
guru
|
Juli 2019 s.d. Mei 2020
|
|
|
4. Kegiatan
Penilaian Tengah Semester
|
Penilaian oleh sekolah terhadap kompetensi yang dimiliki peserta didik
setelah 8 s.d. 9 minggu efektif
|
Untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran 8 s.d. 9 minggu efektif
|
Semua peserta didik melaksanakan penilaian akhir semester yang
dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS
|
WKS 1, Guru dan Peserta Didik
|
WKS 1
|
Oktober 2019 dan Maret 2020
|
|
|
5. Kegiatan
Penilaian Akhir Semester Gasal
|
Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk
mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester
|
Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester
|
Terlaksananya Penilaian akhir semester yang berkualitas
Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir
semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester
|
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik
|
WKS 1
|
November 2019
|
|
|
6. Kegiatan
Penilaian Kenaikan Kelas
|
Penilaian oleh sekolah yang dilaksanakan secara bersama-sama pada
akhir semester genap bagi kelas X dan XI untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik selama satu semester
|
Untuk mengukur kompetensi peserta didik selama satu semester pada saat
semester genap
|
Terlaksananya Penilaian Kenaikan Kelas yang berkualitas
Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir
semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester
|
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik
|
WKS 1
|
Mei 2020
|
|
|
7. Kegiatan
Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)
|
Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu pada
standar kompetensi Lulusan
|
Untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik kelas XII pada
mata pelajarn tertentu dan menjadi penentu kelulusan peserta didik
|
Terlaksananya USBN yang berkualitas dan diikuti oleh semua pserta
didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar
hadir, POS dan Juknis USBN serta Laporan Pelaksanaan USBN
|
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII
|
Kepala Sekolah
|
Maret / April 2020
|
|
|
8. Kegiatan
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
|
Penilaian oleh sekolah bagi peserta didik kelas XII dan mengacu
pada standar nasional pendidikan khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia,
matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan
|
Untuk mengukur capaia kompetensi lulusan pada mata pelajaran bahasa
indonesia, bahasa inggris, matematika,dan teori kejuruan
|
Terlaksananya UNBK yang berkualitas dan diikuti oleh semua pserta
didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar
hadir, POS dan Juknis UNBK serta Laporan Pelaksanaan UNBK
|
Kepala Sekolah, Semua Guru, dan Peserta Didik Kelas XII
|
Kepala Sekolah
|
April 2020
|
|
+ komentar + 1 komentar
bisa download gak ya