Selamat Datang di Official Web SMA AL HIKMAH MUNCAR

Profil Sekolah

a. Nama Sekolah           :  SMA Al Hikmah Muncar
   Status                         :  Swasta

b. Alamat Sekolah         :  Jl. KH. Abdul Mannan KM. 02 Sumberberas Muncar Banyuwangi
   Propinsi                      :  Jawa Timur
   Kabupaten/Kota         :  Banyuwangi
   Kecamatan                  :  Muncar
   Desa                           :  Sumberberas
   Jalan                           :  KH. Abdul Mannan Km02
   Kode Pos                   :  68472
   Telpon/Fax                 :  0333 592845 / 0333 592845
   E-mail/Website           :  www.smaalhikmah.sch.id


A.   VISI
Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman dan Bertaqwa, Berprestasi  Berdaya saing, Mandiri dan Berwawasan Global
B.   MISI
Untuk mencapai VISI tersebut, SMA Al Hikmah Muncar mengembangkan misi sebagai berikut:
1.    Melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Menanamkan kedisiplinan pada semua aspek kepada seluruh warga sekolah
3.    Menumbuhkembangkan semangat untuk selalu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik,
4.    Menumbuhkan semangat inovasi yang dapat menunjang pengembangan profesionalisme
5.    Memberdayakan seluruh komponen sekolah dan mengoptimalkan sumber daya sekolah dalam mengembangkan potensi dan minat peserta didik secara optimal.

C.   TUJUAN SMA AL HIKMAH MUNCAR
Tujuan Umum
Meningkatkan keunggulan  potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Khusus
1)    Mewujudkan mutu lulusan
·            Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·            Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
·            Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret 
2)     Merumuskan struktur kurikulum
Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.
3)    Penyelenggaraan Pelayanan Belajar
Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan  pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran  dengan indikator
·         Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
·         Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan
·         Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
·         Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
·         Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
·         Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.
·         Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
·         Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.
·         Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
·         Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.
4)    Penilaian

Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku induk siswa, dan (g) raport.
Share this post :
 
Copyright © 2019. SMA AL HIKMAH MUNCAR - All Rights Reserved
Published by SMA AL HIKMAH MUNCAR
powered by: masfau