Status : Swasta
b. Alamat Sekolah : Jl. KH. Abdul Mannan KM. 02 Sumberberas Muncar Banyuwangi
Propinsi : Jawa Timur
Kabupaten/Kota : Banyuwangi
Kecamatan : Muncar
Desa : Sumberberas
Jalan : KH. Abdul Mannan Km02
Kode Pos : 68472
Telpon/Fax : 0333 592845 / 0333 592845
E-mail/Website : www.smaalhikmah.sch.id
A. VISI
Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman
dan Bertaqwa,
Berprestasi Berdaya saing, Mandiri dan Berwawasan Global
B. MISI
Untuk mencapai VISI
tersebut, SMA Al Hikmah Muncar mengembangkan misi sebagai berikut:
1.
Melaksanakan kegiatan
yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Menanamkan kedisiplinan pada semua aspek
kepada seluruh warga sekolah
3.
Menumbuhkembangkan
semangat untuk selalu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik,
4.
Menumbuhkan semangat inovasi yang dapat menunjang pengembangan
profesionalisme
5.
Memberdayakan seluruh komponen sekolah dan mengoptimalkan sumber
daya sekolah dalam mengembangkan potensi dan minat peserta didik secara optimal.
C. TUJUAN SMA AL
HIKMAH MUNCAR
Tujuan
Umum
Meningkatkan
keunggulan potensi dan prestasi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan
Khusus
1)
Mewujudkan mutu
lulusan
·
Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia,
berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·
Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
·
Berketerampilan berpikir dan bertindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
2)
Merumuskan
struktur kurikulum
Menyusun
struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap,
pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai;
penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses
pengalaman belajar yang efektif.
3)
Penyelenggaraan Pelayanan Belajar
Terselenggara
pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan,
pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran dengan indikator
·
Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan
siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
·
Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran
sesuai koteks satuan pendidikan
·
Memenuhi standar proses pembelajaran yang
menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah,
dan proyek)
·
Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan
memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
·
Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal
sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
·
Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa
belajar dan bekompeten.
·
Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan
efisien.
·
Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.
·
Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui
pertemuan dewan guru.
·
Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai
tindaklanjut dari data hasil evaluasi.
4)
Penilaian
Terselenggara
penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi
penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a)
perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b)
pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat
satuan pendidikan (d) leger (f) buku induk
siswa, dan (g) raport.